Kamis, 08 Januari 2009

KONSEP SISTEM OVERLAYING KOMPUTER

Istilah overlaying komputer menerangkan tentang komputer yang berfungsi untuk melakukan overlay. Berdasarkan arti bahasa overlay dapat diartikan sebagai pelapis, yaitu obyek satu melapisi obyek yang lain. Hal ini sesuai dengan konsep bahwa overlaying merupakan proses pelapisan suatu obyek berbentuk gambar, teks, efek dan sebagainya, ke dalam obyek gambar asli.

Dalam sebuah studio pemancar televisi, overlaying komputer diperlukan sebagai sebuah perangkat untuk editing grafik pada televisi yang berupa misalnya menambahkan logo suatu stasiun pada pojok kanan atas tampilan televisi. Contoh lainya yaitu adannya teks berjalan pada bawah layar sementara siaran utama televisi tetap berjalan. Penyisipan gambar atau tampilan terrentu pada layar televisi ketika suatu acara sedang berlangsung juga termasuk hasil dari penggolahan overlaying komputer.

Secara fisik overlaying komputer merupakan sebuah perangkat komputer ( PC ) biasa. Tidak diperlukan syarat khusus untuk menjadikan suatu komputer menjadi sebuah perangkat overlaying, tetapi hanya saja kemampuan VGA harus cukup kompatibel untuk melakukan penggolahan grafis. PC tersebut dapat melakukan overlay dengan perangkat bantu yang disebut overlayer. Perangkat overlayer ini dapat berupa perangkat internal maupun eksternal. Untuk perangkat internal hardware berupa sebuah card yang dipasangkan pada sebuah slot PCI atau ISA. Sedangkan untuk yang eksternal berada diluar perangkat ( PC ) tersebut yang mana outputnya akan menuju ke Digital Video Controler sedangkan input input nya berasal dari V-OUT keluaran A/V SWITCH dan dari PC Overlaying itu sendiri.

Tidak ada komentar: