Sabtu, 27 Desember 2008

prinsip kerja blok diagram modem


Modem berasal dari singkatan Modulator DEModulator. Modulator merupakan bagian yang mengubah sinyal informasi kedalam sinyal pembawa(Carrier) dan siap untuk dikirimkan, sedangkan Demodulator adalah bagian yang memisahkan signal informasi (yang berisi data atau pesan) dari signal pembawa (carrier) yang diterima sehingga informasi tersebut dapat diterima dengan baik.
Fungsi modem yaitu untuk mengubah sinyal digital menjadi sinyal suara dan juga sebaliknya.Dewasa ini modem telah berkembang dengan berbagai fasilitas yang cukup bermanfaat, misalnya voice modem. Dengan adanya fasilitas voice modem ini, merubah fungsi modem bukan hanya sebagai
penyambung ke internet tetapi lebih dari itu, modem dapat menjadi saluran radio, audio, percakapan telepon sampai streaming video.
Sesuai diagram blok diatas merupakan modem duplex, yang artinya mempunya fungsi sebagai penerima sekaligus pengirim
Pada blog diagram diatas signal data yang dilewatkan line telepon masuk ke dalam perangkat modem. Dalam blok modem terdapat beberapa blok rangkaian yang menpunyai fungsi masing masing, antara lain duplexer, VCO, narrowband filter dan demodulator.
Signal dari line telepon pertama kali masuk ke dalam blok duplexer, fungsi blok duplexer disini adalah untuk mengurai antara signal yang diterima dan sinyal yang akan dikirimkan.
Selanjutnya sinyal keluaran dari duplexer masuk ke dalam blok narrowband filter, dimana di dalam blok ini akan menyaring atau menyeleksi band frekuensi yang digunakan.
Keluaran dari blok narrow band filter selanjutnya mengalami penguraian data ( didemodulasi ) yaitu saat masuk dalam blok demodulator. Di sini signal data didemodulasi dari cariernya sehingga outputan data terpisah dari carriernya. Data yang telah didemodulasi selanjutnya langsung diterima perangkat
Sedangkan data dari perangkat masuk ke dalam modem dilewatkan pada buffer yang kemudian masuk pada Blok VCO. Rangkaian VCO ini adalah rangkaian “ Variable frequency oscillator “ yang output frequencynya dikontrol oleh tegangan.
Selanjutnya keluaran dari VCO di gabungkan kembali ke dalam Duplexer untuk kemudian dilewatkan ke dalam line telepon.

Tidak ada komentar: